Pages - Menu

17 March 2013

Bersetubuh saat menstruasi

Eitss, jangan memicingkan mata dulu sobat, ini memang pengalaman pribadi, tp bukan pengalaman saya, tp ceritanya saya mendapatkan pasien dg kronologis cerita seperti ini,
Tn. X datang pada saya dg keluhan pipisnya sakit dan kulit kemaluannya lengket, sesekali mau mengeluarkan sekret (nanah). Usut punya usut ternyata dia habis melakukan hub seksual dg sang pacar dlm kondisi si wanita sdg haid. Harapannya agar sang pacar tak hamil.

Astagfirullahaladzim, pastinya yg sy lakukan pertama kali adalah istigfar dlm hati. Benarkah tak hamil? Dari ceritanya sy mengambil kesimpulan bahwa Tn X sgt tak bijaksana (pdahal ia pernah berprofesi sbg tenaga medis lho). Secara aturan kesehatan saja sudah dia langgar ditambah planggaran aturan Allah. Memang sdh sepantasnya Mr X menderita penyakit itu, sebagai bentuk kasih sayang Allah pdnya agar menyadari kesalahannya. Semoga beliau bs berfikir begitu ya...

Nah apa sih bahaya berhubungan seksual saat haid?
1. Seorang wanita lebih berisiko mengalami penularan penyakit menular seksual saat menstruasi ketimbang hari biasa. Hal ini disebabkan karena saat menstruasi, leher rahim terbuka agar darah menstruasi dapat keluar. Terbukanya jalur tersebut akan memudahkan bakteri masuk dan menyebar hingga rongga panggul.

2. Rentan terkena infeksi. Dan yang perlu diingat, darah menstruasi adalah medium tepat untuk penularan infeksi dan bakteri seperti syphilis, chlamydia dan bahkan HIV. Anda pun gampang terkena herpes setelahnya. Saat berdarah, Miss V Anda gampang ditulari. Diungkap oleh Laura Berman, PhD, ahli di bidang seks dan terapis di Feinberg School of Medicine, Northwestern University, Chicago, kemungkinan penularan HIV AIDS dan juga penyakit seperti hepatitis akan rentan terjadi jika berhubungan intim saat haid.

3. Saat haid, pH atau tingkat keasaman daerah vital wanita berubah dibanding hari-hari biasanya. Ini menyebabkan ketahanannya terhadap bakteri dari luar lebih rendah. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri dapat lebih mudah menginfeksi vagina.

4. Hamil dan kematian. Menurut Laura Berman, seorang wanita yang sedang haid pun masih mungkin hamil jika berhubungan seksual. Walaupun resiko terjadinya kehamilan saat haid sangat kecil, kemungkinannya tetap ada. Sperma mampu hidup di dalam sistem reproduksi Anda selama beberapa hari. Jadi tak benar anggapan yang mengatakan bahwa jika melakukannya di saat haid tak akan hamil. Resiko lain adalah kematian mendadak. Gesekan di bawah menghasilkan gelembung-gelembung udara. Jika gelembung tersebut merembet ke jantung, sang perempuan bisa meninggal secara mendadak.

5. Beresiko terjadi endometriosis.

6. Rentan tumor. Beberapa perempuan mengaku jadi semakin bergairah saat menstruasi. Tapi jika Anda tetap memaksa untuk bersetubuh, Anda rentan terhadap resiko terkena tumor.

7. Saat menstruasi, vagina dipastikan dalam kondisi yang sangat sensitif. Jika dipaksakan terjadi penetrasi, biasanya sang perempuan akan merasa kesakitan dan perih karena terkoyak. Jika sudah demikian maka akan membutuhkan waktu yang lama untuk penyembuhan.

8. Beberapa resiko yang ditimbulkan tersebut tentu saja tidak akan langsung terjadi pada saat pertama kali kita mencoba bersetubuh saat haid. Membutuhkan waktu untuk  bisa terdeteksi. Namun demikian ada juga yang bisa langsung merasakan trauma, infeksi vagina, nyeri panggul, dsb.

"Apabila mereka telah bersuci maka bolehlah kamu menyetubuhi mereka ditempat yg diperintahkan Allah kepadamu, sesungguhnya Allah itu menyukai orang-orang yang bertaubat dan Allah menyukai orang-orang yg menyucikan dirinya." (Al Baqarah 222)

Subhanalloh ya, betapa islam itu rahmatan lil alamin, tidak ada satu pun perintah dan larangan islam kecuali utk kebaikan umat itu sendiri.

Jadi, rasanya bagi para suami tidak ada salahnya jika kita menahan sedikit dorongan seksual untuk bersetubuh dengan istri saat menstruasi. Let the man wait and learn about how precious the intimacy is :)

Dan untuk kasus diatas, semoga ini bisa menjadi bahan pelajaran untuk nya dan untuk kita semua... Semoga kita terhindar dari kemaksiatan... 

Powered by Telkomsel BlackBerry®












1 comment:

An Maharani Bluepen said...

Masya Alloh.. info yang sangat menarik, mbak.. *salaam kenal dari An